MANAJEMEN KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU NUSANTARA DESA KENDAYAKAN KECAMATAN TERISI KABUPATEN INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v1i5.046Kata Kunci:
Manajemen, Kurikulum, manajemen kurikulum , Sekolah Dasar Islam terpaduAbstrak
Sekolah Dasar Islam Terpadu dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum dari Kemendikbud, Kemenag, dan kurikulum lokal Sekolah. Pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses managemen kurikulum yang terdiri dari perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan memadukan ketiga kurikulum tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nusantara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara kepada kepala sekolah, guru, komite, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum dilaksanakan dengan empat proses sebagai berikut: 1) Perencanaan kurikulum dimulai dari kepala sekolah membentuk tim penyusun yang terdiri dari guru dan komite untuk menyusun kurikulum yang akan digunakan. 2) Pengembangan kurikulum yang dilakukan saat penyusunan kurikulum yaitu: jumlah mata pelajaran, jadwal mata pelajaran, beban belajar, KKM, dan kegiatan ekstrakulikuler. Sedangakan untuk pengembangan yang dilakukan setelah penyusunan seperti pembuatan prota, prosem, pemetaan KI-KD, silabus, dan RPP. 3) Pelaksanaan kurikulum dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran dan kegiatan pengembangan diri. 4) Evaluasi kurikulum dilaksanakan setiap akhir semester dan akhir tahun. Evaluasi membahas mengenai hasil pencapaian siswa dalam satu semester, masalah yang timbul dan bagaimana penyelesaiannnya, efektif atau tidaknya kurikulum yang sudah disusun. Hasil evaluasi dijadikan rujukan untuk pembutan kurikulum tahun selanjutnya.
Unduhan
Referensi
Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Amin Thaib, M., dan Ahmad Robie. 2005. Standar Supervisi Pendidikan Pada Madrasah Tsanawiyah Madrasah. Jakarta: Departemen Agama RI Dirjen Kelembagaan Islam.
Arikunto, Suharsimi., dan Yuliana, Lia. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
JSIT. 2016. Pengertian Sekolah Islam Terpadu. https://jsit-indonesia.com/sample-page/pengertian-sekolah-Islam-terpadu/. Diakses tanggal 25 Desember 2019.
Kristiawan, Muhammad. dkk. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moloeng, L. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press.
______ . 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Sukmadinata. Nana Syaodih. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syafaruddin dan Amiruddin. 2017. Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Triwiyanto, Teguh. 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudin, Dinn. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Pres Grup).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.