PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH OLEH MAHASISWA IAI AL-AZIS ANGKATAN 2017-2018
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v1i5.051Kata Kunci:
Mahasiswa, Media Dakwah, Pemanfaatan InstgramAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan instagram oleh Mahasiswa IAI AL-AZIS Angkatan 2017-2018 dan faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah pada mahasiswa IAI AL-AZIS Angkatan 2017-2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses wawancara menggunakan teknik sampel purposive sampling, dengan narasumber sebanyak 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa IAI AL-AZIS angkatan 2017-2018 telah memiliki kecenderungan dalam memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah. Hal ini sejalan dengan uses and gratification theory yang digunakan untuk menyoroti alasan dibalik pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah. Dalam pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah, tentunya terdapat faktor pendukung maupun penghambat. Faktor pendukungnnya sendiri secara umum dipengaruhi oleh motivasi diri (internal) dan juga kemudahan fitur yang disediakan oleh Instagram untuk mendorong aktivitas dakwah mereka. Sedangkan faktor penghambatnya sendiri didominasi oleh alasan-alasan klasik seperti kurang memiliki waktu, mood yang tidak stabil, dan terutama juga keterbatasan ilmu di mana mahasiswa seringkali takut untuk berdakwah karena belum mampu melaksanakan apa yang didakwahkan tersebut.
Unduhan
Referensi
Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Kencana.
Amin, S. M. (2013). Ilmu Dakwah. Amzah.
Aminudin, A. (2018). Media Dakwah. Al-Munzir, 9(2), 192–210.
Bohang, F. K. (n.d.). Pengguna Aktif Instagram Tembus 1 miliar.
Databoks. (2020). No Title. Databoks.Katadata.Co.Id.
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal KS Riset & PKM, 3(1).
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial: Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Nusantara. 18(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.