PENGARUH SAJIAN PROGRAM “ISLAM ITU INDAH” TERHADAP PERUBAHAN SIKAP PEMIRSA TRANS TV(Studi kasus di RT 013/RW 003 Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan)

Penulis

  • Abdullah Jihad Al Akbar IAI AL-AZIS Indramayu Penulis
  • Mulkanasir Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Penulis
  • Hermawati Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v1i2.019

Kata Kunci:

The Influence of Serving Beautiful Islamic Programs, Viewer's Attitude, Trans-Tv

Abstrak

This study aims to determine the effect of the presentation of the program "Islam is Beautiful" on changes in the attitude of Trans TV viewers. The method in this study is quantitative descriptive with analytical case studies (case studies) and field research (field research). The sampling technique used purposive sampling, which was taken from the population in RT 013/RW 003 Pela Mampang Village, Mampang Prapatan District. As for the author's research, it shows that Trans TV's presentation of the program "Islam is Beautiful" has no effect on changing the behavior of the people of RT 013/RW 003 Pela Mampang Village. But more importantly, they can embrace the presentation of the program "Islam is Beautiful" and learn to gradually conduct good actions within the framework of amar ma'ruf nahi munkar, according to the level of comprehension of the Islamic teachings they follow.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Anonim. (1981). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.

Arikunto, S. (1997). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2003). Sikap Manusia-Teori dan Pengukuranya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Brigham, J. C. (1991). Social Psychology. New York: HarperCollins Publisher Inc.

Bungin, B. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Djamal, H. & Fachruddin, A. (2011). Dasar-Dasar Penyiaran-Sejarah, Organisasi, Operasional dan Regulasi. Jakarta: Kencana.

Fachruddin, A. (2011). Dinamika Pemikiran Islam Kontemporer. Jakarta: Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi DKI Jakarta.

Falsafi, T. (2003). Warna-Warni Kehidupan Remaja dalam Islam. Bogor: Cahaya.

Gani, A. S. (2018). el-Madani-Jurnal Pemikiran Dakwah Dan Komunikasi Islam, edisi I 2018: Dakwah Islam di Era Milenial. Jakarta: Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta.

Ismail, A. I. (2018). The True Da’wa, Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial. Jakarta: Kencana.

Ismail, A. I. (2013). Filsafat Dakwah, Rekayasa Membangun Agama Dan Peradaban Islam. Jakarta: Kencana.

Ismail, N. (2004). Filsafat Dakwah Ilmu dan Penerapanya. Jakarta: Bulan Bintang.

Kusnawan, A. dkk. (2009). Dimensi Ilmu Dakwah. Bandung: Widya Pajajaran

Malik, D. D. (2000). Mencari Solusi Dakwah Efektif di Televisi. Bandung: Pusdai Perss.

Mubarok, A. (2001). Psikologi Dakwah. Jakarta: Pustaka Firdaus

Mubarok, A. (2000). Jiwa Dalam Al Qur’ an: Solusi Krisis Keruhanian Manusia Modern. Jakarta: Paramadina.

Muriah, S. (2000). Metodologi Dakwah Kontemporer. Jogjakarta: Mitra Pustaka.

Narbuko, C. & Achmadi, A. H. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta

Suryabrata, S. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suny, M. M. (2005). Musuh Berwajah Ramah-Mewaspadai Pengaruh Negatif Televisi. Bandung: Media Qalbu.

Setyobudi, C. (2006). Teknologi Broadcasting TV. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Unde, A. A. (2014). Televisi & Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Prenada

Wirodono, S. (2005). Matikan TV-Mu! Jakarta: Resist Book.

Poerwadarminta, W. J. S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Balai Pustaka.

Zaidallah, A. I. (2005). Strategi Dakwah Dalam membentuk Da’i dan Khotib Profesional. Jakarta. Radar Jaya.

Fatimaruz. (2013). Dampak Televisi Terhadap Perilaku Anak Sekolah (Studi Kasus di MTS Muhammadiyah Al Manar, Desa kenduren, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak). Jakarta: Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-22

Cara Mengutip

PENGARUH SAJIAN PROGRAM “ISLAM ITU INDAH” TERHADAP PERUBAHAN SIKAP PEMIRSA TRANS TV(Studi kasus di RT 013/RW 003 Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan). (2023). Journal of Islamic Studies, 1(2), 227-238. https://doi.org/10.61341/jis/v1i2.019

Artikel Serupa

1-10 dari 22

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.