STRATEGI PENYIAR RADIO MEGASWARA FM SUKRA INDRAMAYUDALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i1.063Kata Kunci:
Strategi, Penyiar, Gaya, BahasaAbstrak
Penelitian ini membahas mengenai upaya yang dilakukan oleh penyiar Radio Megaswara FM Sukra Indramayu dalam meningkatkan minat pendengar melalui penerapan strategi. Peran penyiar dianggap sebagai elemen kunci dalam radio, karena kontribusinya yang besar sebagai penggerak acara dan penentu gaya bahasa dalam berinteraksi dengan pendengar. Penelitian bertujuan untuk memahami strategi penyiar Radio Megaswara Indramayu, terutama dalam penggunaan gaya bahasa saat berkomunikasi dengan pendengar, serta untuk mengevaluasi strategi yang digunakan dalam meningkatkan minat pendengar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi dari lima informan yang terlibat dalam konteks penyiaran radio tersebut. Hasil penelitian ini mengenai bagaimana gaya bahasa penyiar menyapa pendengar dengan kalimat pembuka yang selalu menanyakan bagaimana keadaan dan kabarnya dengan menyapa pendengar akan terbangun keakrapan kedekatan kekeluargaan antara penyiar, pendengar merasa di perhatikan, gaya bahasa penyiar dengan menyapa pendengar setiap kali acara dimulai seperti memberikan ucapan salam, menanyakan keadaan pendengar dengan gaya bahasa yang familier di saat on air dan bagaimana strategi penyiar Radio Megaswara yaitu dengan menulis status di media sosial Facebook Megaswara yang aktif maka strategi penyiar Radio megaswara yaitu penyiar akan menuliskan semua program acara di beranda seperti Kamera maka pendengar akan membalas status di Facebook.
Unduhan
Referensi
Abadi, M Rizki Majistra (2016) “Strategi Komunikasi Radio Dakwah Dalam memperoleh Pendengar”. (Skripsi Sarjana Fakultas Ilmu sosial dan Humaniaora Universitas Sunan kalijaga Yogyakarta).
Ahmad, Nur. (2015). Radio Sebagai Sarana Media Massa Elektronik. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran. Kudus.3(2):233-255
Alo Liliweri (2011), Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. (Jakarta: Kencanapranada Media, 210.
Djaali, (2007) Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Gramedia., hlm 121.
Ebta Setiawan, (2019) https://kbbi.web.id/strategi). Diakses pada 15 September 2020
Elvinaro, Ardianto, dan Lukiati, (2007) Komunikasi Massa Suatu Pengantar, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media,), hlm.7.
Fuad, Anis dan Kadung Sapto Nugraha. (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Haris, Sumadiria. (2006). "Bahasa Jurnalistik." Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Johnson, G. and Scholes, K. (2016). Exploring Corporate Strategy-Text and Cases.Hemel Hempstead Prentice-Hall.
Masduki (2006), Jurnalistik Radio (Yogyakarta LkiS,), hlm.12.
Megaswara Net. (2022). http://www.megaswara.co.id/about.php
Morissan (2015), Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi, (Jakarta Prenadamedia Group,), Cetakan Kelima, h. 144
Ningrum, F. (2007). Sukses Menjadi Penyiar, Scripwriter dan Reporter Radio. Niaga Swadaya.
Novia, D. H., & Simbolon, B. R. (2019). Strategi Komunikasi Penyiar Radio Fm 105.6 Mhz Takengon Kabupaten Aceh Tengah Dalam Sla Meningkatkan Minat Pendengar. Jurnal Social Opinion: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 4(1), 1-13.
Onong Uchjana Effendy, (1994), Pengantar Ilmu Komunikasi Jakarta: Grasindo Rosdakarya, 305.
Onong U Effendy (1981), Dimensi-Dimensi Komunikasi, (Bandung: Alumni,),140141
Propitasari, Dwi (2016). “Strategi Pemasaran Radio Utari FM Cilacap dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan” (Skripsi Sarjana, Fakultas Dakwah Institut agama Islam Negeri.
Purdiningtiyas Woro (2018) “Strategi Komunikasi Penyiar dalam Menyampaikan Pesan-pesan Dakwah di Radio Lampung" (Skripsi sarjana Fakultas Dakwah Universitas Negeri Raden Intan Lamping,
Puteh Ja'far (2006). Dakwah Di Era Globalisasi (Strategi Menghadapi Perubahan Sosial) Yogyakarta AK Grup
Romli, Asep Syamsul M. (2007). Broadcast For Teen Jadi Penyiar Itu Asyik Lho! Bandung: Nuansa Cendekia.
Ruhimat Mamat (2011) Ilmu Pengetahuan Sosial, Jakarta: Grafindo Media Pratama, hlm. 363
Severin, J. Werner dan Jemes W Tankard. (2005). Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana
Shaleh, Abdul Rahman, dkk (2004) Psikologi Suatu Pengantar dalam Persfektif Islam, Jakarta: Kencana, hlm.
Shaleh, Abdul Rahman, dkk (2004) Psikologi Suatu Pengantar dalam Persfektif Islam, Jakarta: Kencana, hlm.
Siagian P. Sondang. (2004) Managemen Strategi (bumi aksara, Jakarta, hal.20
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administratif. Bandung Alvabeta
Trinoviana, A. (2017). Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audience dan Iklan (Studi Kasus Pada Swaragama Fm (101.7 Fm),
Ulya Afifiyah, (2019) “Strategi Komunikasi Penyiar Radio Dakwah Islam Semarang Dalam Meningkatkan Jumlah Pendengar”, (Skripsi Sarjana, Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga,), t.d.
Walgito, Bimo. (1997) Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset,
Wardana Ega. (2009). Sukses Menjadi Penyiar Radio Professional (Panduan Praktis Untuk Profesi Dunia Radio). Yogyakarta: CV. Andi offset
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.