PERAN KOMUNIKASI VERBAL DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA TEMAN SEBAYA SANTRI KELAS 9 MA’HAD AL-ZAYTUN
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i5.110Kata Kunci:
komunikasi, verbal, akhlakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi verbal yang terjadi antara para santri dalam pembinaan akhlak pada teman sebaya santri kelas 9 di Ma’had Al-Zaytun Indramayu dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunikasi verbal dalam penanaman akhlak pada teman sebaya santri kelas 9 Ma’had Al-Zaytun. Populasi dalam penelitian berjumlah 619 santri dengan sampel sebanyak 6 santri. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deksriptif. Kesimpulan dari Peran Komunikasi Verbal Dalam Penanaman Akhlak Pada Teman Sebaya Santri Kelas 9 Ma’had Al-Zaytun bahwa komunikasi verbal memainkan peran krusial dalam penanaman akhlak pada teman sebaya kelas 9 pondok pesantren Ma’had Al-Zaytun, komunikasi ini yang melibatkan interaksi antara santri (pemberi penanaman akhlak) dan santri lain (penerima penanaman akhlak) dan memiliki beberapa elemen penting seperti empati, pemberian umpan balik, komunikasi secara terbuka dan tertutup, kerendahan hati, motivasi, konsitensi dalam pemberian penanaman akhlak, penanganan konflik, dan kelanjutan.
Unduhan
Referensi
Al-Haritsyah, F.I., Abdurrazaq, M.N. (2024). Strategi Komunikasi PT. Cahaya Timoer Propertindo dalam Memasarkan Rumah di Bekasi Menggunakan Pendekatan Dakwah Islam. Journal of Islamic Studies, 1(4), 453-460. https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.036
Baharuddin. (2019). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak pada Min I Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah: Media Kajian Pengembangan Masyarakat Islam 5(1), 105-123.http://dx.doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v5i1.4207
Gusmaneli. (2012). Dampak Teknologi Pendidikan Terhadap Peranan Guru di Masa Depan. Al-Ta;Lim, 168. Retrieved From Https://Www.Proquest.Com/Scholarly-Journals/Dampak-Teknologi-Pendidikan-Terhadap-Peranan-Guru/Docview/1953815148/Se-2?Accountid=215586
Hamidah, S. T. (2020). Komunikasi Antarpribadi Santri dan Santri dalam Membangun Hubungan Keakraban di SMA Pesantren Unggul Al-Bayan Cibadak Sukabumi (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Hikmat, D. M. (2014). Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna.Jakarta: Kencana.
Ndraha, R. (2013). Mendisiplinkan Anak dengan Cerita.Yogyakarta: Andi.
Rahmantasari, D. (2021). Peran Komunikasi Verbal dalam Penanaman Akhlak Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Lentera Anak, 3.
Saputra, A. M., Purnomosidi, F., & Musslifah, A. R. (2023). Kesejahteraan Psikologis Remaja Panti Asuhan Simo Boyolali. Tuturan: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 1(3), 63-73.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.
Wendari, W. N. (2016). "Profil Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Bogor." Bimbingan Konseling, 1. Juni.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.