PERAN INSTAGRAM TERHADAP FASHION STYLE DI KALANGAN MAHASISWI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM ANGKATAN IX INSTITUT AGAMA ISLAM AL-ZAYTUN INDONESIA

Penulis

  • Rafida Madania Uzma Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Alfi Satria Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Sobirin Sobirin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.073

Kata Kunci:

peran, instagram, fashion style, uses and gratification

Abstrak

Gaya berpakaian mahasiswi Prodi KPI dan Prodi lainnya pada IAI AL-AZIS terlihat berbeda. Mahasiswi KPI terlihat lebih stylish karena mahasiswi Prodi ini sering terlibat dalam industri kreatif, maka daripada itu memerlukan penampilan yang baik guna mengekspresikan diri yang tercermin dalam gaya berpakaiannya. Instagram dijadikan wadah mencari inspirasi dan berekspresi bagi penggunanya. Merujuk pada hal tersebut maka penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah Instagram memiliki peran dan bagaimana Instagram berperan terhadap fashion style di kalangan mahasiswi. Teori Uses and Gratifications menjadi pisau analisis dalam penelitian ini dimana teori tersebut sering digunakan untuk riset tentang media dan penggunanya. Penggunaan pendekatan kualitatif-deskripsif dengan sumber data yang berasal dari wawancara dan observasi guna mencapai hasil penelitian yang mendalam. Teknik pengambilan sampel digunakan sampling jenuh yang populasi mahasiswi digunakan seluruhnya. Menyimpulkan bahwa Instagram berperan terhadap fashion style di kalangan mahasiswi KPI Angkatan IX. Hal itu didasarkan pada temuan penelitian yang menunjukkan bahwa Instagram dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan mahasiswi sesuai dengan aspek-aspek dalam teori yang diadopsi. Diantaranya aspek hiburan, aspek informasi, aspek identitas pribadi, dan aspek interaksi sosial.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Amin, N. F. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer.

Humaizi. (2018). Uses and Gratifications Theory. USU Press.

Ramadhani, T., & Putrianti, F. (2018). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Citra Diri pada Remaja Akhir. Jurnal SPIRITS.

Rizati, M. A. (2022, Juni 17). Bertambah lagi, ini jumlah Pengguna Instagram Per Kuatal I. Retrieved September 2024, from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/bertambah-lagi-ini-jumlah-pengguna-instagram-per-kuartal-i-2022

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatatif dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryani, F. L. (2015). Instagram dan Fashion Remaja (Studi Kasus Peran Media Sosial Instagram terhadap Trend Fashion Remaja dalam Akun @Ootdindo Tahun 2014. Ilmu Komunikasi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-16

Cara Mengutip

PERAN INSTAGRAM TERHADAP FASHION STYLE DI KALANGAN MAHASISWI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM ANGKATAN IX INSTITUT AGAMA ISLAM AL-ZAYTUN INDONESIA. (2024). Journal of Islamic Studies, 2(2), 135-141. https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.073

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

11-20 dari 28

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.