ANALISIS METODE DAKWAH USTADZ ADI HIDAYAT DALAM TAYANGAN YANG BERJUDUL “ALASAN MENGAPA DOA KITA TIDAK DIIJABAH OLEH ALLAH” TERHADAP PERSEPSI VIEWERS

Penulis

  • Shabna Dafita IAI AL-AZIS Indramayu Penulis
  • Imang Maulana IAI AL-AZIS Indramayu Penulis
  • Muhammad N. Abdurrazaq IAI AL-AZIS Indramayu Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i1.071

Abstrak

Penelitian ini mengkaji metode dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam YouTube Channel Adi Hidayat Official dan respon mahasiswa KPI Angkatan 8 IAI Al-AZIS terhadap video “Alasan Mengapa Doa Kita Tidak Diijabah oleh Allah”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi terhadap YouTube Channel Adi Hidayat Official dan mahasiswa KPI Angkatan 8. Peneliti melakukan wawancara dengan subscriber atau pengikut channel YouTube Ustadz Adi Hidayat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i KPI Angkatan 8. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yakni sampel dipilih berdasarkan pertimbangan observasi awal. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode dakwah yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam tayangan video berjudul "Alasan Mengapa Doa Kita Tidak Diijabah oleh Allah" adalah Metode Dakwah Bil Hikmah, Metode Dakwah Mauizhah Hasanah, dan Metode Dakwah Kontemporer. Respon mahasiswa KPI Angkatan 8 terhadap video berjudul "Alasan Mengapa Doa Kita Tidak Diijabah oleh Allah" adalah positif (berupa sikap) pada mahasiswa yang memiliki cukup wawasan dan pemahaman tentang metode dakwah yang ada di video Ustadz Adi Hidayat. Terdapat perubahan perasaan setelah menonton tayangan (afeksi), namun tampak belum sistematisnya mahasiswa dalam mempersiapkan perubahan perilaku (konasi).

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abidin, M. (2022). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response (S-O-R) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Komunikasi & Bahasa, 01-13.

Azis, M. U. (2023). Metode Dakwah Dalam Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di Bandar Sakti Kabupaten Lampung Tengah. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 01-68.

Fazri, Z. (2020). Dakwah Dalam Perspektif Ilmu Dakwah Kontemporer. Jurnal Hadis Dakwah, 04-05.

Khansa. (2021). Pengertian Dakwah: Ketentuan, Tujuan dan Jenis-Jenisnya. Retrieved from Gramedia Blog: https://www.gramedia.com/literasi/dakwah/

Munir, M., & Ilaihi, W. (2021). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Rahayu, F. S. (2018, Januari 1). Media Sosial, Media Dakwah. Retrieved from Fakultas Psikologi dan ilmu sosial budaya: https://fpscs.uii.ac.id/blog/2022/08/18/media-sosial-media-dakwah/#:~:text=Berdakwah%20dengan%20media%20sosial%20merupakan,dan%20informasi%20yang%20mudah%20dipahami.

Rahmawati, F. (2016). Metode Dakwah Menurut Al-Qur'an dalam Pengembangan Masyarakat Islam. 129.

Santoso, A. (2014). Respon Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Terhadap Metode Dakwah AA Gym, M, Arifin, dan Yusuf Mansur di Tv One. Universitas Islam Negeri Jakarta, 15-16.

Siahaan, Tambunan, T. M., & Chontina. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Di Kalangan Pelajar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 01-08.

Soraya, N. (2018). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Pada Program Studi Pai Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Uin Raden Fatah Palembang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01-22.

Sugiyono. (2022). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Tuti, A. E., Fitriah, R. L., & Indrika, S. (2021). Fenomena Instagram Sebagai Inovasi Media. Jurnal Manajemen Dakwah, 01-10.

Virlana, D. (2019). Metode Dakwah dan Perubahan Perilaku Keagamaan Jamaah, Studi Pengembangan Majelis Ta'lim Al-Hikmah Desa BuluKarto. Institut Agama Islam Negeri Metro, 1-99.

Zahra, U. F., Sarbini, A., & Shodiqin, A. (2016). Media Sosial Instagram sebagai Media Dakwah. Jurnal Komunikasi dan penyiaran Islam, 01-29.

Zayyana, N. (2020). Strategi Dan Gaya Komunikasi Dakwah Ustad Abdul Somad Dan Ustad Adi Hidayat Di Youtube Serta Efeknya Terhadap Publik. Lampung: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-22

Cara Mengutip

ANALISIS METODE DAKWAH USTADZ ADI HIDAYAT DALAM TAYANGAN YANG BERJUDUL “ALASAN MENGAPA DOA KITA TIDAK DIIJABAH OLEH ALLAH” TERHADAP PERSEPSI VIEWERS. (2024). Journal of Islamic Studies, 2(1), 112-124. https://doi.org/10.61341/jis/v2i1.071