POLA KOMUNIKASI DALAM PEMBINAAN RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP YAYASAN MUTIARA GEMILANG KEDIRI JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i4.093Kata Kunci:
Pola Komunikasi, Pembinaan, Tahfidz, Anak Yatim PiatuAbstrak
Pembinaan Tahfidz Al-Qur’an merupakan proses bimbingan yang bertujuan membantu anak yatim piatu menghafal ayat-ayat Al-Qur’an melalui metode pengulangan bacaan, baik dengan mendengarkan atau melihat tulisan Al-Qur’an, sehingga hafalan tersebut melekat dalam ingatan dan dapat diulang tanpa melihat teks. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan metode khusus yang memungkinkan anak yatim piatu menghafal dengan cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang berhasil dalam pembinaan hafalan di Rumah Tahfidz Al-Qur’an Yayasan Mutiara Gemilang, serta faktor penghambat yang dihadapi dalam proses hafalan dan solusi untuk mengatasinya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis fakta-fakta berdasarkan sudut pandang tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang diterapkan di yayasan ini melibatkan komunikasi primer dan sekunder. Beberapa faktor penghambat dalam proses hafalan Al-Qur’an antara lain gangguan lingkungan belajar, kurangnya bimbingan terstruktur, dan kurangnya dorongan dari teman sebaya. Solusi yang diterapkan untuk mengatasi hambatan tersebut meliputi pemberian bimbingan lebih intensif, manajemen waktu yang baik, pengawasan, pengorganisasian, serta pemberian reward kepada anak yang berhasil mencapai target hafalan.
Unduhan
Referensi
Aziz, M. A. (2016). Pelaksanaan Progrma Tahfidz Al-Qur‟An Bagi Siswa Di SD Islam. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Hasan, M., Aji, N. U. B., Suyitno, M., Pamuji, S. S., Rochmahtun, S., Wibowo, T. P., & Apriyanti, Y. O. (2023). Pendidikan karakter anak usia dini. Sada Kurnia Pustaka.
M. Hariwijaya. (2017). Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, & Desertasi. (Diandra Kreatif)
Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.
Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim .
Marza, S. E. (2017). Regulasi Diri Remaja Penghafal Al-Qur‟An Di Pondok Pesantren Al-Qur'an. 146-147.
Meleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukarom, Zaenal. (2020) Teori–teori Komunikasi. Bandung: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ratumakin, R. C., Tsuroyya, Y., & Pramudita, I. S. (2023, November). Pola Komunikasi Orang Tua dalam Pengawasan Penggunaan Media Sosial pada Anak. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 1413-1422).
Rukin, S. P. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Suparlan, S. (2022). Peran Komunikasi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 20-33.
Suteki, G. T. (2020). Metodologi Penelitian Hukum (Filsafat, Teori dan Praktik), Cetakan Ke-3. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.