EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PEMBINAAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI ASRAMA PERSAHABATAN KELAS VI MA’HAD AL-ZAYTUN
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i5.111Kata Kunci:
Efektivitas, Komunikasi, InterpersonalAbstrak
Artikel ini mengkaji efektivitas komunikasi interpersonal dalam pembinaan tahfidz Al-Qur’an di Asrama Persahabatan Kelas VI Ma’had Al-Zaytun Indramayu. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas komunikasi antara pembina dan santri serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Kesimpulan menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal memiliki peran penting dalam pembinaan tahfidz Al-Qur’an, melibatkan elemen seperti keteladanan, empati, komunikasi terbuka, umpan balik, kreativitas pengajaran, motivasi, penanganan konflik, konsistensi, dan kelanjutan. Faktor pendukung meliputi koordinasi antara manajemen asrama dan santri, komunikasi tanpa tekanan berlebihan, serta pemahaman terhadap kepribadian santri. Sebaliknya, faktor penghambat termasuk waktu yang terbatas yang mengurangi komunikasi efektif dan intensitas komunikasi yang kurang mendalam. Faktor eksternal seperti fasilitas yang memadai juga berkontribusi pada efektivitas komunikasi.
Unduhan
Referensi
Ambarwati, A. (2021). Perilaku dan teori organisasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Apriani, L. (2015). Menurunnya minat membaca Al-Qur’an dan solusinya bagi anak usia sekolah di Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon (Studi kasus anak usia 13–18 tahun di Blok Manis) (Skripsi tidak diterbitkan). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Azis, F.A., Satria, A., Sulistyani, A. (2024). Manajemen pembinaan karakter santri kelas IX di asrama Al-Madani Pondok Pesantren Ma’had Al-Zaytun Indramayu. Journal of Islamic Studies, 2(2), 167-177. https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.076
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Devito, J. A. (2011). Komunikasi antarmanusia (Cet. ke-5). Karisma Publishing Group.
Fitriani, N. (2022). Membangun komunikasi efektif antara guru dan siswa dalam kegiatan keagamaan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 14(1), 22–35. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i8.1514
Hasanah, U. (2021). Strategi pembelajaran berbasis student centered learning dalam pendidikan tahfidz. Jurnal Al-Qur’an dan Pendidikan, 9(2), 133–147.
Heriwibowo, B. (2014). Menghafal Al-Qur’an semudah tersenyum. CV. Farishma Indonesia.
Ismail, W. D. (2019). Analisis perkembangan penelitian Living Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Perspektif, 3(2), 134–144.
Man, I. F. (2021). Penggunaan kata sarkasme dalam berkomunikasi di kalangan mahasiswa. Acta Diurna Komunikasi, 3(4)
Margono. (2017). Metodologi penelitian pendidikan. PT Rineka Cipta.
Nulhaqim, S. H.-S. (2008). Pengaruh pelatihan dan pembinaan dalam menumbuhkan jiwa wirausaha mitra binaan PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumay. Jurnal Kependudukan Padjadjaran, 10(2), 152–168.
Rahman, F. (2020). Pentingnya komunikasi interpersonal dalam pendidikan keagamaan. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–60.
Rohim, S. (2016). Teori komunikasi: Perspektif, ragam dan aplikasi. PT Rineka Cipta.
Yusniar, Y., & Fitri, R. A. (2021). Pengaruh Reward, Punishment, Dan Gaya Komunikasi Guru Terhadap Prestasi Akademik Siswa Di Sma Negeri 1 Lembah Gumanti. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(1). https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i1.5201
Warsah, D. (2019). Kepribadian pendidik: Telaah psikologi Islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 62–73. https://doi.org/10.19109/Psikis.v5i1.3157
Wirayanti, W., Erna, E., Cherawati, C., & Khaerani, S. (2024). Metode pendidikan tradisional pesantren dalam membina akhlak santri (Studi Pesantren Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 424–437. https://doi.org/10.5281/zenodo.13896925
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.